Menahklukan Remaja


Usia remaja adalah tahap paling kritis dalam hidup manusia. Pada usia ini orang sangat mudah terpengaruh dan suka mencoba-coba berbagai hal. Usia remaja juga seperti berada di persimpangan zaman. Dibutuhkan langkah dan bimbingan yang tepat, terutama dari orang tua agar tidak salah jalan. Namun tidak mudah menaklukan remaja yang identik dengan suka membangkang, sulit dinasehati, konsumtif, dan sederet label negatif lainnya. Orang tua sering kewalahan menghadapi anak remajanya. Apalagi dizaman seperti ini. Kemajuan teknologi dan derasnya arus informasi yang sulit dibendung, sehingga mau tidak mau remaja ikut terpengaruh dalam pembentukan sifat dan gaya hidup.

Pada usia remaja berbeda dengan usia anak-anak, karena pada usia anak-anak lebih mudah dinasehati dan dibujuk. Anak-anak juga sangat bergantung dengan orang tua. Akan tetapi maslah mulai muncul ketika beranjak remaja. Mereka enggan menghabiskan waktu dengan orang tua mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan teman sebayanya bahkan mengangap orang tua sebgai musuh karena suka memarahi dan mengomeli. Dengan itu hubungan keduanya makin merenggang akibatnya hubungan antara mereka semakin jauh dan jauh.

Saat keterdekatan fisik dan emosional anak dan orang tua semakin meregang terjadilah generation gap. Ada perbedaan antara generasi yaitu antara tuntutan orang tua dengan keinginan anak. Oleh sebab itu perlu adanya obrolan atau komunikasi antara anak dan orang tua. Tetapi bahan obrolan yang tidak nyambung juga sering menjadi masalah antara orang tua dengan remaja. Sebenaranya cukup banyak topik ringan yang menarik yang bisa dibicarakan dengan anak remaja. Tentunya harus bertahap. Jika obrolan ini cukup sering maka anak remaja akan lebih mudah membuka diri. Obrolan yang seperti ini sebaiknya dibiasakan sejak dini.

Langakah lain untuk membina hubungan yang baik antara orang tua dan anak, sebelum ia beranjak remaja adalah mengajarinya untuk memiliki alternatif. Mulailah dari hal yang sederhana seperti memilih mainan. Ajak anak untuk berdiskusi kelebihan dan kekurangan memilih mainan itu. Sehingga waktu remaja dia sudah tahu banyak hal dan bisa menentukan keinginannya. Manfaatnya juga banyak salah satunya adalah mereka bisa mempertimbangkan mana yang baik dan buruk, yang patut dan tidak patut. Orang tua sendiri juga harus menghargai keinginan remja. Seperti anak remaja ingin menjadi pemain musik yang kesanya menyenangkan. Jarang anak remaja berangan jadi dokter karena anggapanya harus belajar dengan keras dan tidak bisa main. Menyikapi masalah ini orang tua janganlah langsung melarang. Tapi berilah alternatif positif-negatif tentang keinginannya.

Diskusi juga diperlukan ketika anak melakuakan suatu hal yang kurang berkenan di mata orang tua. Misalnya membaca majalah vulgar, pergi ke diskotik, pacaran membicarakan tentang seks dan sebagainya. Jangan langsung memutuskan bahwa hal yang dilakukan anak itu salah dan buruk. Lebih baik diskusikan apa yang didapat dan tidak didapat dari hal itu. Sehingga nantinya tidak ada pengakuan yang diam-diam.

Begitu juga dengan masalah narkoba, diskusikan terlebih dahulu masalah ini, beritahu juga efek narkoba baginya. Sehingga ada keterbukaan. Jangan tiba-tiba marah ketika anak mengakui bahwa ia mencandu narkoba.

Jadi diskusikan terlebih dahulu segala masalah yang ada karena dengannya akan mampu memperoleh mufakat yang bermanfaat bagi kedua pihak.

"Stop Global Warming and Let's Green Indonesia"

4 komentar:

Hangga Nuarta mengatakan...

Semoga sukses Dian! :)

gerrilya mengatakan...

orang tua sekarang harus up to date dan berpikiran terbuka...kalo nggak bakal tetep nggak nyambung.

abdan mengatakan...

keren artikel aku suka bgt.....

Newsoul mengatakan...

Katanya remaja sekarang cerdas, terbuka akan hal-hal baru tapi tetap kritis. Bagus tuh kalau remaja (anak muda) seperti itu. Remaja perlu didampingi, dijadikan sahabat, dan biarkan mereka menaklukan dirinya sendiri, tentu ke arah positif seperti tadi.

Posting Komentar

Setiap komentar anda membantu menyemangati aku tuk membuat artikel yang lebih bagus.

Thank's..